Cara Menulis Kutipan

Dalam penulisan karya tulis seringkali mencatumkan istilah atau pendapat yang telah lebih dulu disampaikan oleh orang lain sebagai referensi. Berikut adalah tata cara dalam menulis kutipan pada karya tulis

1. Cara Merujuk Kutipan Langsung

a. Kutipan yang berisi kurang dari 40 kata, dan nama penulis disebutkan pada bagian awal kalimat, maka nama penulis ditulis lengkap diikuti tahun terbit dan nomor halaman dalam tanda kurung, sedangkan kutipan langsung ditulis di antara tanda kutip (“….”) sebagai bagian yang terpadu dalam teks utama.

Contoh:

Alferd Adler (1986:7) menyatakan: “Individu yang tidak tertarik kepada kawan-kawannlah yang memiliki kesulitan terbesar dalam hidup dan memberi luka kepada orang lain.”

b. Kutipan yang berisi kurang dari 40 kata dan nama penulis ditulis di bagian akhir kutipan, maka kutipan langsung ditulis dalam tanda petik dua (“….”) dan nama akhir penulis, diikuti tahun terbit, tanda titik dua, dan nomor halaman dalam tanda kurung.

Contoh:

Seorang psikolog terkenal dari Vienna menyatakan: “Individu yang tidak tertarik kepada kawan-kawannylah yang memiliki kesulitan terbesar dalam hidup dan member luka kepada orang lain.” (Adler, 1986:7).

c. Kutipan yang berisi 40 kata atau lebih ditulis tanpa tanda kutip dan ditulis terpisah dari teks yang mendahului, ditulis menjorok ke depan 1,2 cm dar margin kiri dan kanan, dan diketik dengan spasi tunggal.

Contoh:

Untuk memberikan semangat kepada para karyawannya karena tekanan berbagai kesibukan, sebuah toserba di New York City menyajikan iklan-iklannya berupa filsafat bersahaja berikut.

Nilai sebuah senyuman

Dia tidak meminta bayaran, namun menciptakan banyak.

Dia memperkaya mereka yang menerimanya, tanpa membuat melarat mereka yang memberinya.

Dia menciptakan kebahagiaan di rumah, mendukung niat baik dalam bisnis, dan merupakan tanda balasan dari kawan-kawan.

Dia member istirahat untuk rasa letih, sinar terang untuk rasa putus asa, sinar mentari bagi kesedihan, dan penagkal alam bagi kesulitan. (dalam Carnegie, 1981:69)

2. Cara Menulis Kutipan Tidak Langsung

Kutipan yang disebut secara tidak langsung atau dikemukakan dengan bahasa penulis, ditulis tanpa tanda kutip dan terpadu dalam teks. Nama penulis dari sumber yang dikutip dapat ditulis di awal kutipan dengan disertai tahun terbit dan nomor halaman dalam kurung atau nama penulis ditulis di akhir kutipan diikuti tahun dan nomor halaman yang semuanya dalam kurung.

Contoh:

Dale Carnegie (1981:61) menyatakan bahwa kesungguhan menaruh minat pada orang laaain adalah kunci sukses untuk mengembangkan persahabatan, disukai orang lain, dan menolong orang lain dan diri sendiri.

Atau

Kesungguhan menaruh minat pada orang lain adalah kunci sukses untuk mengembangkan persahabatan, disukai orang lain, dan menolong orang lain dan diri sendiri (Carnegie, 1981:61)

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s